Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Tipe Baterai Laptop (No. Seri + Spesifikasi)

Baterai laptop Kamu sudah ngedrop? Alhasil Kamu harus mengganti baterai tersebut dengan yang baru. Namun, sebelumnya Kamu wajib mengetahui tipe baterai laptop yang Kamu gunakan agar tidak salah beli baterai tentunya.

Kamu bisa melihat tipe baterai laptop melalui beberapa trik, salah satunya melalui body baterai tersebut.

Pada bagian body baterai bukan hanya tertera tipe atau modelnya saja, melainkan Kamu juga bisa mengetahui nomor seri baterai laptop beserta spesifikasinya.

Melalui spesifikasi baterai laptop ini kita bisa mengetahui kemampuan dari baterai tersebut, seperti daya tampung atau kapasitas baterai laptop beserta bahan material pembuatan baterai tersebut.

Langsung saja berikut tips mengecek tipe baterai laptop yang bisa Kamu ikuti.

Cara Melihat Tipe / Jenis Baterai Laptop Semua Merk

cara melihat tipe baterai laptop

Panduan ini bisa Kamu praktikan untuk semua merk laptop dan notebook serta chromebook. Selain itu tips ini juga berlaku untuk semua merk laptop, seperti laptop Hp, Samsung, Dell, Lenovo, Toshiba, MSI, Asus, Acer, dan merk lainnya.

Ada beberapa metode yang bisa kita pakai untuk mengetahui tipe baterai di laptop yang kita gunakan, baik dari body fisik hingga melalui bantuan aplikasi cek baterai laptop.

Langkah-langkah Melihat Tipe Baterai di Laptop

Cek Body Baterai

cara melihat spesifikasi baterai laptop

Cara pertama kita dapat mengetahui seri baterai laptop tersebut lewat kode berupa kombinasi angka dan huruf.

Biasanya kode ini merupakan tipe baterai dari laptop yang kita gunakan yang mana tertulis di baterai bagian dalam laptop. Jadi Kamu harus melepaskan baterai dari laptop terlebih dahulu untuk melihat tipe baterainya dan kebanyakan bentuk baterai laptop tersebut memanjang.

Selain itu kode baterai laptop ini biasanya tersemat pada bagian pangkal ujung body baterai dengan ukuran huruf yang cukup besar atau mencolok.

Cek Model Laptop

cara melihat nomor seri baterai laptop

Pada bagian body baterai terkadang juga tersemat model atau tipe laptop, Kamu bisa menggunakan kode model laptop tersebut untuk mengecek tipe baterai pada laptop yang Kamu pakai.

Biasanya kode ini tersemat diantara merk laptop, bisa berada di bawah atau di atasnya. Kamu bisa langsung mencobanya untuk mengetahuinya.

Selain itu kita juga dapat melihat tipe laptop dari bagian depan, kode model akan tertera di bagian bawah samping layar monitor atau di bagian bawah keyboard tepatnya di samping touchpad.

Langkah selanjutnya jika Kamu sudah tahu model laptop, sekarang Kamu cek secara online atau browsing dengan memasukkan kata kunci model laptop tersebut. Biasanya akan tertera spesifikasi laptop tersebut yang salah satunya adalah baterai yang digunakan.

Cek Kode Produk

cara mengetahui tipe baterai laptop

Kebanyakan body baterai akan tertera semacam kode panjang berupa angka dan huruf kapital yang merupakan nomor HSTNN atau nomor suku cadang perangkat tersebut.

Silakan Kamu catat kodenya yang berupa angka dan huruf, setelah itu Kamu browsing untuk mengetahuinya. Patut diakui bahwa metode ini memang sedikit ribet.

Masuk ke BIOS

cara cek tipe baterai laptop

Alternatif lainnya Kamu bisa mengecek tipe baterai di laptop Kamu melalui BIOS pada sistem operasi komputer tersebut.

Silakan Kamu tekan tombol F2 atau Delete sebelum komputer masuk ke sistem operasi, biasanya secara otomatis kita akan dibawa ke pengaturan sistem komputer.

Di dalam mode BIOS Kamu bisa memeriksa tipe dari laptop tersebut, silakan Kamu buka satu persatu menu yang ada jika sudah ketemu Kamu catat model dari laptop tersebut.

Melalui metode ini Kamu bisa mendapatkan informasi secara detail terkait model dan seri dari laptop tersebut.

Trik cara screenshot laptop Dell Windows 10,8,7 untuk mengambil screenshot panjang ke bawah.

Jika dirasa metode di atas terlalu ribet atau susah diikuti, Kamu bisa memakai bantuan aplikasi cek baterai laptop di bawah ini.

Gunakan Aplikasi Cek Baterai

cara cek spesifikasi baterai laptop

Ini adalah alternatif terakhir untuk mengetahui jenis baterai laptop yang kita gunakan, seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua laptop memiliki jenis yang sama. Misalnya saja untuk tipe baterai laptop Hp dengan baterai laptop Acer pastinya berbeda satu sama lainnya.

Daripada capek harus bongkar pasang baterai akan lebih mudah jika kita menggunakan aplikasi cek baterai yang bisa kita dapatkan secara gratis.

Kita akan menggunakan aplikasi BatteryInfoView yang mana lewat program ini kita bisa mengetahui secara detail tentang spesifikasi baterai laptop yang kita pakai.

Adapun untuk minimum System Requirements sangat ringan yaitu sistem operasi Windows 2000 hingga Windows 10. Artinya kita bisa menginstal aplikasi ini tanpa syarat yang berarti.

Kamu bisa langsung mendownloadnya melalui laman resminya di https://www.nirsoft.net/utils/battery_information_view.html 

Silakan Kamu salin link tersebut lalu unduh aplikasinya, untuk ukurannya sendiri sangat kecil dan untuk operasionalnya sendiri cukup buka aplikasi tersebut tanpa perlu lagi menginstallnya.

Berikut beberapa penjelasan singkat tentang iformasi baterai di laptop.
  1. Battery Name: Nama baterai.
  2. Manufacture Name: Nama produsen baterai.
  3. Manufacture Date: Tanggal pembuatan baterai.
  4. Serial Number: Nomor seri baterai laptop.
  5. Power State: Status daya baterai (Charging, Discharging, Ac Power, dan Critical).
  6. Current Capacity Value: Kapsitas daya baterai secara mutlak.
  7. Current Capacity (in %): Status kelistrikan baterai.
  8. Designed Capacity: Kapasitas baterai penuh ketika dalam kondisi masih baru.
  9. Full Charged Capacity: Kapasitas penuh baterai.
  10. Battery Wear Level: Penurunan kapasitas pengisian baterai dalam persen.
  11. Voltage: Tegangan listrik baterai.
  12. Charge/Discharge Rate: Status pengisian baterai sekarang.
  13. Chemistry: Material pembuat baterai (Nickel Cadmium, Lithium Ion, dan Nickel Metal Hydride).
  14. Low Battery Capacity: Batas standar minimum daya baterai.
  15. Number of charge/discharge cycles: Catatan jumlah pengisian baterai selama ini.
  16. Full battery time for the current activity (Estimated):Waktu charge baterai hingga penuh.
  17. Remaining battery time for the current activity (Estimated): Sisa waktu baterai sebelum kosong.
  18. Total time for charging the battery (Estimated): Lamanya waktu pengisian baterai laptop.
  19. Remaining time for charging the battery (Estimated): Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk charg baterai sampai penuh.
Setidaknya dengan aplikasi ini Kamu dapat melihat informasi baterai laptop secara lebih jelas, mulai spesifikasi baterai hingga riwayat pemakaian baterai selama ini. Kamu bisa memakai fungsi tool di aplikasi tersebut untuk mengetahuinya.

Diharapkan dengan postingan ini dapat membantu kita dalam menjaga dan merawat baterai lapto dari kerusakan dini karena ketidakpahaman kita akan informasi dari baterai tersebut.

Tips lainnya terkait cara menandai file di laptop lebih dari satu atau banyak file sekaligus.

Beberapa masalah yang sering terjadi pada baterai seperti baterai laptop tidak mengisi daya seperti biasanya atau sangat lama hingga baterai laptop yang kembung sampai menyebabkan baterai ngedrop (cepat habis).

Tutorial cara melihat tipe baterai laptop di atas semoga dapat membantu Kamu untuk mengetahui informasi dari baterai laptop yang bagus itu seperti apa baik dari spesifikasi dan jenisnya.

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Tipe Baterai Laptop (No. Seri + Spesifikasi)"